ANALISIS TINGKAT PERTANYAAN GURU DAN RESPON SISWA MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

  • Nurhaty Purnama Sari Universitas Riau Kepualauan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatis dengan pendekatan deskriptif.Data penelitian ini diambil dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 11 Batam.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis pertanyaan guru dan respon siswa melalui pembelajaran dengan metode diskusi pada mata pelajaran IPA materi energi di sekitarku. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa guru memberikan pertanyaan kepada siswa yaitu C1 sebanyak  54,54%, C2 sebanyak36,36%, dan C4 sebanyak 9,09%.Respon siswa terhadap pertanyaan teriri dari siswa menggapi dengan menjawab soal dan siswa bertanya. Siswa menjawab soal terdiri dari jawaban ilmiah sebesar 64,29%, jawaban setengah ilmiah sebanyak 14,29%, jawaban nol (salah) berjumlah 21,43%. Siswa yang memberi respon dalam pemberlajaran sebanyak satu orang.

Published
2020-03-24
How to Cite
SARI, Nurhaty Purnama. ANALISIS TINGKAT PERTANYAAN GURU DAN RESPON SISWA MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA). Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 85 - 90, mar. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/43>. Date accessed: 28 feb. 2024.