IMPLEMENTASI BUKU AJAR BERBASIS AKTIVITAS BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI TEMA 5

  • Syelfia Dewimarni Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Lili Rismaini Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Wienda Gusta Universitas Putra Indonesia YPTK

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pada tema 5 di kelas VI SDN 20 Nan Sabaris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan buku ajar berbasis aktivitas bermain terhadap pemahaman siswa pada materi tema 5 di kelas VI SDN 20 Nan Sabaris. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan sampel seluruh siswa kelas VI SDN 20 Nan Sabaris yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman siswa yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan bahan ajar berbasis aktivitas bermain dan dengan siswa belajar secara konvensional

Published
2020-09-13
How to Cite
DEWIMARNI, Syelfia; RISMAINI, Lili; GUSTA, Wienda. IMPLEMENTASI BUKU AJAR BERBASIS AKTIVITAS BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI TEMA 5. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1 - 8, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/5>. Date accessed: 25 apr. 2024.