PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA N 1 AMPEK ANGKEK

  • Citra Ayu STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data menggunakan uji t.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIPA yang belajar dengan metode Problem Solving lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMA N 1 Ampek Angkek.

References

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Djamarah. S. Bahri. dkk . 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Polya, G. 1973. How To Solve It. New Jersey. Princention University Press
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suryabrata, Sumadi.2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo
Tabrani, Rusyan. (2008). Cara Pembelajaran Matematika Sei I. Semarang: PT Bengawan Ilmu
Published
2018-09-23
How to Cite
AYU, Citra. PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA N 1 AMPEK ANGKEK. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1 - 7, sep. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/56>. Date accessed: 25 apr. 2024.