PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENGOBATAN TRADISIONAL DAN MISTIK DI NAGARI SUAYAN TINGGI KECAMATAN SUAYAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

  • Hafizah Hafizah STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi masyarakat tentang pengobatan Tradisional dan mistik, jenis pengobatan tradisional dan mistis, faktor penyebab masyarakat mempercayai pengobatan tradisional dan mistik, serta dampak negatif yang ditimbulkan ketika warga yang sakit tidak berobat ke dokter, dan upaya pemerintah setempat dalam mengubah persepsi masyarakat Nagari Suayan tentang pengobatan tradisional dan mistik. Jenis penelitian adalah jenis studi kasus. Tekhnik pemilihan informan menggunakan metode (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: masyarakat di Nagari Suayan lebih percaya berobat ke dukun dari pada ke dokter dikarenakan pandangan mereka yang sudah mendarah daging bahwa berobat ke dukun yang notabene mengobati menggunakan tumbuhan alami tidak memiliki efek samping dan tidak memakai zat kimia, serta tidak banyak mengeluarkan biaya. Dampak negatif yang ditimbulkan ketika warga tidak datang ke dokter ketika sakit adalah: sakitnya tambah parah, ada beberapa yang meninggal dunia, Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengubah persepsi masyarakat: dengan memberikan penyuluhan dampak positif berobat ke dokter.

References

AW. Suranto. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.Faisal, Sanapiah. 1990. PenelitianKualitatif: Dasar-dasar dan aplikasiIKIPMalang: YA3 Malang.Johnson, Doyle Paul. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: PT. Gramedia.Syani, Abdul. 2007. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: PT. Bumiaksara.Permana, Heri. 2007. Tanaman Obat Tradisional. Bandung: PT. AngkasaGroup.Moleong. Lexy. J. 2009. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT RemajaRosdakarya. Edisi Revisi.Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi SuatuPengantar. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.Soekanto, Soerjono. 2004. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja grafindoPersada.Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Published
2018-09-23
How to Cite
HAFIZAH, Hafizah. PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENGOBATAN TRADISIONAL DAN MISTIK DI NAGARI SUAYAN TINGGI KECAMATAN SUAYAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 15 - 23, sep. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/58>. Date accessed: 25 apr. 2024.