PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

  • Imratul Handayani STAI Imam Bojol Padang Panjang

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN Batusangkar. Hal ini
disebabkan antara lain karena pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Siswa
masih terfokus pada cara yang diajarkan oleh guru dan belum bisa menyelesaikan
masalah komunikasi dengan dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan
pembelajaran melalui pendekatan open ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pendektan open ended terhadap kemampuan berikir kreatif matematis dan
kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi
Exsperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Batusangkar
yang terdaftarpada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan sampel dilakukan
secara random sampling.Kelas eksperimen adalah siswa kelas VIII1 dan sebagai kelas
kontrol adalah siswa kelas VIII2 SMPN 5 Batusangkar.Instrumen penelitian adalah tes
kemampuan awal dan tes akhir berupa soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan
kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t
dan ANAVA dua arah untuk interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1)
Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar
dengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yang diajar dengan
pembelajaran konvensional. (2) Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi
matematis siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang diajar dengan pendekatan
open ended lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3)
Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran melaului pendekatan open ended dan
kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis dan
kemampuan komunikasi matematis siswa.

References

Mulyardi. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang : Jurusan
Matematika FMIPA IKIP.
Shimada, S dan Becker, J.P. 1997.The Open Ended Approach : A New Proposal
For Teaching Mathematics. Virginia : National Council Of Teacher Of
Mathematics.
Suherman.Dkk. 2001.Strategi Pembelajran Kontenporer. Bandung :JICA
Takahasi, Akhiko. 2005. What Is The Open Ended Aproacch.Chicago : Depault
University. (http://www.docstoc.com/docs/2259444/An-Overview-what-isthe-
open-ended-Approach). Diakses 10 oktober 2013.
Published
2018-09-30
How to Cite
HANDAYANI, Imratul. PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 24 - 32, sep. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/59>. Date accessed: 25 apr. 2024.