PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BESERTA LKS BERORIENTASI CONTEXTUAL PROBLEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 4 CANDUANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) beserta LKS berorientasi contextual problem. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) beserta LKS berorientasi contextual problem lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP N 4 Canduang.
References
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Kerlinger. 2006. Asas-asas penelitian Behavioral Edisi Ketiga. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurhadi. 2002. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Dir jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
Prajitno, Edi. 2003. Pedoman Pengembangan Sistem Penilaian. Yogyakarta: FMIPAUNY &Dirjen PLP Depdiknas.
Slavin, RE. 2008. Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Common Text Book). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo