PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BESERTA LKS BERORIENTASI CONTEXTUAL PROBLEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 4 CANDUANG

  • Citra Ayu STKIP Ahlussunnah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) beserta LKS berorientasi contextual problem. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan  rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VII­2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) beserta LKS berorientasi contextual problem lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP N 4 Canduang.

References

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Kerlinger. 2006. Asas-asas penelitian Behavioral Edisi Ketiga. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurhadi. 2002. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Dir jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Prajitno, Edi. 2003. Pedoman Pengembangan Sistem Penilaian. Yogyakarta: FMIPAUNY &Dirjen PLP Depdiknas.

Slavin, RE. 2008. Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Common Text Book). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo
Published
2019-03-28
How to Cite
AYU, Citra. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BESERTA LKS BERORIENTASI CONTEXTUAL PROBLEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 4 CANDUANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 14 - 19, mar. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/62>. Date accessed: 21 june 2024.