PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KOMPETENSI AFEKTIF BIOLOGI SISWA KELAS VII MTsN PAKAN RABAA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • Yulia Ratna Sari STIKES Prima Nusantara Bukittinggi

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan oleh guru mengakibatkan rendahnya kompetensi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar Biologi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebabnya adalah guru cenderung menerapkan metode ceramah dan tanya jawab. Selain itu guru biologi hanya menekankan pembelajaran pada aspek kognitif. Rendahnya hasil belajar juga ditentukan oleh pengetahuan awal siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan awal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan awal siswa terhadap kompetensi afektif biologi siswa kelas VII MTsN Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Saturated Sampling dan yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII A dan kelas kontrol VII B. Instrumen yang digunakan adalah lembaran penilaian aspek afektif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi ranah afektif siswa baik yang berkemampuan awal tinggi dan rendah berpengaruh secara signifikan

References

Lie. A. 2007. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Lufri. 2007. Strategi PembelajaranBiologi, Teori Praktik dan Penelitian. Padang: UNP Press

Muhamad. J. 2012. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa kelas V SD Di Kecamatan Batang Gansal Padang”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana UNP
Published
2019-03-28
How to Cite
SARI, Yulia Ratna. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KOMPETENSI AFEKTIF BIOLOGI SISWA KELAS VII MTsN PAKAN RABAA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 40 - 46, mar. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/65>. Date accessed: 25 apr. 2024.