PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 LENGAYANG

  • Dina Fitria Handayani STKIP ADZKIA Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan teknik mind mapping lebih tinggi dari pada keterampilan menulis cerpen siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantatif. Metode penelitian ini adalah quasi exsperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lengayang yang berjumlah 208 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dan didapatkan kelas IXA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas IXB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes unjuk kerja keterampilan menulis cerpen. Penganalisisan dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif-analisis sesuai dengan konsep penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk keterampilan menulis cerpen kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol pada α= 0,05 diperoleh thit sebesar 2,32 dan t tabel sebesar 1,68.  Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil tes keterampilan menulis cerpen siswa yang dibelajarkan dengan teknik mind mapping lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional.

References

Atmazaki. 2005. Kiat-Kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: Budaya Citra.
Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Hernacki Mike, Deporter Bobbi. 2002. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Noer, Muhammad. 2009. “Teknik Mencatat Kreatif dengan Mind Mapping”. (Online). http://www.muhammadnoer.com/2009/03/teknik-mencatat-kreatif-dengan-mind-mapping, diunduh tanggal 3 Agustus 2009).
Yuniarti Netti. 2013. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Kemampuan Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 9 Pontianak”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. ISSN :1693-623X Vol I, No. 1 (Hal 125-139)
Published
2019-03-28
How to Cite
HANDAYANI, Dina Fitria. PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 LENGAYANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 62 - 70, mar. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/68>. Date accessed: 28 mar. 2024.