PENTINGNYA KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKn

  • Tysa Sufia Rahmi STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih ada guru Pkn yang belum melaksanakan keterampilan mengelola kelas dengan baik, padahal keterampilan mengelola kelas sangatlah penting, agar pembelajaran di kelas terselenggara secara kondusif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru PKN di SMPN 1 IV Koto, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan dasar mengajar guru. Halis penelitian menunjukan pelaksanaan keterampilan mengelola kelas oleh guru PKn belum maksimal, karena belum semua indikator  keterampilan mengelola kelas dilaksanakan oleh guru secara utuh. hal ini disebabkan karena keterampilan mengelola kelas guru masih belum berkembang sebagaimana mestinya, karena kurangnya pelatihan tentang keterampilan mengajar yang diperoleh oleh guru PKn

References

Abdul Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran ( Mengembangkan Standar Kompetensi Guru ). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Alma, Bukhari dkk, 2010. Guru Prefesional. Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Hasibuan, Moedjiono. 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Jamaluddin. 2007. Sekolah Efektif dan Guru Efektif, Suluh Press, Yogyakarta.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Published
2019-03-28
How to Cite
RAHMI, Tysa Sufia. PENTINGNYA KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKn. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 85 - 89, mar. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/71>. Date accessed: 21 june 2024.