HUBUNGAN KEMAMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PARIAMAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman, (2) kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP 2 Pariaman, dan (3) hubungan kemampuan membaca cepat dan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berikut, yaitu tes kecepatan membaca, tes objektif, pilihan ganda, tes unjuk kerja. Tes kecepatan membaca digunakan untuk mengukur kemampuan membaca cepat siswa dan dilanjutkan dengan tes objektif pilihan ganda untuk mengukur pemahaman bacaan siswa. Tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis eksposisi. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif sesuai dengan penerapan konsep penelitian korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi cukup (65,3).Kedua, kemampuan menulis karangan eksposisi siwa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup (70,08). Ketiga, terdapat hubungan antara kemampuan membaca cepat dan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman, dengan thitung yang diperoleh 6,53 dan ttabel 1,701 dalam arti thitung lebih besar dari ttabel. Dengan artian H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan membaca khususnya membaca cepat berhubungan dengan kemampuan menulis eksposisi siswa. Semakin baik kemampuan siswa dalam membaca cepat, semakin baik pula kemampuan siswa dalam menulis sebuah tulisan eksposisi..
References
Gani, Erizal. 1999. “Pembinaan Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi”. Buku Ajar. Padang: DIP Proyek UNP.
Hariwijaya, M. 2011. “Speed Reading”. Yogyakarta: Tugu Publisher.
Harjasudjana, dkk. 1996. Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Keraf, Gorys. 1982. Eksposisi: Komposisi Lanjutan II. Jakarta: Grasindo.
Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Dosen FBS dan PPs Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Soedarso. 2006. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tarigan, H. G. 1983. Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.