PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMBACA SEKILAS MENGGUNAKAN GRAPHIC ORGANIZER PLOT DIAGRAM UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR

  • Delita Gustriani STKIP Rokania

Abstract

Instrumen pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Mendefinisikan, Merancang, Mengembangkan, dan Menyebarluaskan). Desainnya divalidasi oleh empat ahli dan tiga praktisi pendidikan. Untuk melihat kepraktisan dan keefektifan instrumen yang dikembangkan, kemudian diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas VI SDN 002 Benai. Fase diseminasi, bagaimanapun, dilakukan dalam skala terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas ke dalam kategori sangat valid. Kemudian setelah penilaian terhadap pelaksanaan rencana pelajaran, tanggapan dari guru dan peserta pembelajaran dan pengamatan terhadap bahan ajar menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan turun ke kategori yang sangat praktis. Apalagi hasil aktivitas peserta belajar membaca skimming diindikasikan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Diagram Pembanding Grafis Organizer yang berorientasi strategi membaca instrumen penelitian skimminglearning telah valid, praktis, dan efektif.

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter.
Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.

Broomley, Karen, Linda Irwin De Vitis, dan Marcia Modlo. 1999. 50 Graphic Organizer for Reading, Writing, & More. USA: Scholastic

Harvey, Michele. 2013. Reading Comprehension: Strategies for Elementary and Secondary School Students.Lynchburg College.

Ness, Molly 2011. Explicit Reading Comprehension Instruction in Elementary Classrooms: Teacher Use of Reading Comprehension Strategies. Journal of Research in Childhood Education.

Plomp, T. dan Nieveen, N. (Eds).2007. An Introduction to Educational DesignResearch. Enschede: NetherlandsInstitute forCurriculumDevelopment (SLO).

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan & Sunarto. 2007. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta
Published
2018-03-30
How to Cite
GUSTRIANI, Delita. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMBACA SEKILAS MENGGUNAKAN GRAPHIC ORGANIZER PLOT DIAGRAM UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 8 - 14, mar. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/76>. Date accessed: 18 apr. 2024.