PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE “5E” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SITUJUAH BATUA

  • Mirda Swetherly Nurva STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pemahaman konsep matematika siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Learning Cycle “5E”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan rancangan penelitan yang digunakan adalah “Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 dan kelas VIII.5 MTsN Situjuah Batua. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata skor pemahaman konsep matematika pada kelas eksperimen 15,36 dan pada kelas kontrol 14,14. Nilai simpangan baku pada kelas eksperimen lebih kecil dibanding kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa skor pada kelas eksperimen lebih menyebar mendekati rata-rata dibanding dengan kelass kontrol. Melalui uji statistik beda rata-rata dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model Learning Cycle “5E” lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Situjuah Batua.

References

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2018-03-30
How to Cite
NURVA, Mirda Swetherly. PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE “5E” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SITUJUAH BATUA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 15 - 22, mar. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/78>. Date accessed: 28 mar. 2024.