PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUANPETA PIKIRAN PADA MATERI MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X MA SWASTA GANTUNG CIRI KABUPATEN SOLOK

  • Rita Arianti STKIP Rokania

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis peta pikiran pada kemampuan menulis argumentasi yang valid,praktis dan efektif bagi siswa kelas X MA Swasta Gantung Ciri Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D pembangunan.Berdasarkan analisis dan pembahasan data, penulis memberikan beberapa kesimpulan. Pertama, validasi modul materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan pemetaan pikiran dalam menulis argumentasi pada siswa kelas XMA Swasta Gantung Ciricenderung sangat valid dengan 82.01. Kedua, kepraktisan modul yang dapat dikatakan sangat baik dengan 82.40. Ketiga, efektivitas modul cenderung sangat efektif dengan 94.62 dan kelengkapan menunjukkan hasil belajar adalah kategori sangat baik atau 82.75(24 siswa dari 29 siswa). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di sekolah, terutama untuk siswa kelas X MA Swasta Gantung Ciri dalam kemampuan menulis argumentasi.

References

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

De Porter, Bobbi dan Hernacki. 2002. Quantum Learning: Membiasakan Belajar
Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kayfa.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.

Kosasih, E. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.

Slavin, R.E. 1997. Educational Psychologi: Teory and Practice. Massachussetts:
Allyn and Bacon.
Published
2019-03-28
How to Cite
ARIANTI, Rita. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUANPETA PIKIRAN PADA MATERI MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X MA SWASTA GANTUNG CIRI KABUPATEN SOLOK. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 58 - 67, mar. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/81>. Date accessed: 07 oct. 2022.