KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATEMTIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Ahmad Syarif Universitas Pancasakti Tegal
  • Tri Jaka Kartana Universitas Pancasakti Tegal
  • Rizqi Amaliyakh Universitas Pancasakti Tegal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik (siswa) pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) dapat mencapai KKM, untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran LC5E dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran LC5E lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik clusterrandom sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai KKM. (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran LC5E dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) pembelajaran model LC5E lebih baik dari pada pembelajaran model konvensional. Hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran LC5E efektif terhadap prestasi belajar matemtika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: RinekaCipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Rahmawati, Diah. 2011. Keefektifan Pembelajaran Model Learning Cycle 5E (LC5E) Berbantuan Software Cabri 3D dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pemalang Pada Materi Dimensi Tiga. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nuhoğlu & Yalçın. 2006. The Effectiveness of The Learning Cycle Model to Increase Students’ Achievement In The Physics Laboratory. Journal of Tourkish Science Education, 3(2).

Sudjana. 2005. Metoda Statistika (edisi 6). Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susongko, Purwo. 2013. Penelitian Hasil Belajar. Tegal : Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan

Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2018-03-30
How to Cite
SYARIF, Ahmad; KARTANA, Tri Jaka; AMALIYAKH, Rizqi. KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATEMTIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 68 - 73, mar. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/82>. Date accessed: 25 apr. 2024.