PENGGUNAAN ACTIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI SDN 205/IX SENGETI KABUPATEN MUARO JAMBI

  • Erlina Erlina SD 205/IX Sengeti Kabupaten Muaro Jambi

Abstract

Penelitian ini melalui pendekatan active learning bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 205/IX Sengeti Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, serta tes. Data yang diperoleh, dianalisis dengan cara menghitung persentase jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum serta persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan active learning. Persentase tersebut harus mencapai target yang telah ditentukan, yaitu 90%.


Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus model Kemmis dan Mc. Taggart. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 77% dan keterlaksaan pendekatan active learning mencapai 85%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 94% dan keterlaksaan pendekatan active learning mencapai 100%. Hasil penelitian menunjukkan hasil penelitian bahwa dengan menerapkan pendekatan active learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi

Published
2020-09-22
How to Cite
ERLINA, Erlina. PENGGUNAAN ACTIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI SDN 205/IX SENGETI KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 74 - 83, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/18>. Date accessed: 27 jan. 2022.