MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA SDN 03/IX SENAUNG KABUPATEN MUARO JAMBI

  • Ismawati Ismawati SDN 03/IX Senaung Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV SDN 03/IX Senaung pada materi operasi hitung campuran bilangaan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan upaya peningkatkan prestasi belajar operasi hitung campuran menggunakan permainan puzzle pada siswa kelas IV SD 03/IX Senaung. (2) Meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV SD materi operasi hitung campuran bilangan bulat menggunakan permainan puzzle. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03/IX Senaung yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar siswa materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Upaya peningkatan prestasi belajar operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SD ini telah dilakukan dengan metode permaianan puzzle, Langkah-langkahnya adalah: (a) siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, masing-masing kelompok mendapatkan 1 set puzzle yang belum terpasang (b) guru menjelaskan aturan main dan cara pengerjaan soal menggunakan puzzle (c) Siswa mengambil satu kepingan puzzle dengan melihat nomor yang tertera (d) Siswa menempelkan setiap kepingan puzzle setiap menyelesaikan satu nomor soal (e) Siswa menyelesaikan menyusun puzzle sampai membentuk suatu gambar. (2) Penggunaan metode permainan puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi operasi hitung campuran siswa kelas IV SD NO. 03/IX Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari kondisi awal 59,72 menjadi 62,78 pada siklus I dan menjadi 72,22 pada siklus II. Persentase ketuntasan meningkat dari kondisi awal 0303% menjadi 44% pada siklus I dan menjadi 803% pada siklus II.

Published
2020-09-23
How to Cite
ISMAWATI, Ismawati. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA SDN 03/IX SENAUNG KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 111 - 121, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/19>. Date accessed: 19 apr. 2024.