HUBUNGAN FAKTOR KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X MTI CANDUNG KABUPATEN AGAM

  • Nila Sari STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor keluarga dengan hasil belajar PKn siswa kelas X MTI Candung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang berarti antara faktor keluarga dengan hasil belajar PKn siswa Kelas X MTI Candung. Hipotesis dari penelitian ini adalah Terdapat Hubungan Yang Berarti Antara Faktor Keluarga Dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas X MTI Candung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MTI Candung yang terdaftar tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling, sampel berjumlah 65 orang. Data dianalisis dengan korelasi product moment dengan taraf nyata α=0.05. Hasil analisis data menunjukan data linear dan uji hipotesis menunjukan adanya hubungan antara faktor keluarga dengan hasil belajar siswa, uji determinasi dan uji keberartian koefisien korelasi menunjukan hubungan antara faktor keluarga dengan hasil belajar itu signifikan sebesar 65,44%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara faktor keluarga dengan hasil belajar PKN siswa kelas X MTI Candung tahun pelajaran 2010/2011

References

Bahri, Syaiful. 2002. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2018-03-30
How to Cite
SARI, Nila. HUBUNGAN FAKTOR KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X MTI CANDUNG KABUPATEN AGAM. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 83 - 86, mar. 2018. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/83>. Date accessed: 26 apr. 2024.