NILAI MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR

  • Dosi Gushandayani Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Wujud nilai moral dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan dan (2) Moral tokoh utama dalam menghadapi persoalan hidup dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Selain itu, juga memapaparkan (3) Bentuk penyampaian nilai moral dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan. Penelitian ini merupakan penelitian sastra. Subjek penelitian ini adalah novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan analisis nilai moral dengan metode hermeneutika. Data dianalisis dengan teknik deskripsi analisis yaitu suatu prosedur penelitian dengan hasil sajian data deskriptif berupa tuturan pengarang dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Hasil penelitian menunjukkan sebagai (1) Wujud nilai moral baik memiliki lima
jenis, yakni jujur, kasih sayang, pemurah, kuat, dan sabar. Perwujudan nilai moral baik terlihat pada tokoh utama Keke yaitu bersifat kuat dan sabar ketika menghadapi penyakit kankernya. Pak Jody ayah Keke yang penyayang dan selalu melakukan apa saja untuk kesembuhan penyakit Keke, da sahabat-sabahat Keke yang selalu ada disaat Keke senang maupun menderita. Moral tokoh utama dalam menghadapi persoalan hidup yang terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan terdapat beberapa varian yaitu menerima takdir Tuhan, teguh pendirian, bersikap pasrah, suka bekerja keras, berdoa kepada Tuhan, tidak mudah putus asa dan kuat. (2) nilai moral buruk seperti egois, dan emosioanal. Moral baik dalam novel tersebut sangat penting kita terapkan baik untuk diri sendiri maupun dalam masyarakat.

Published
2019-06-15
How to Cite
GUSHANDAYANI, Dosi. NILAI MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/100>. Date accessed: 19 may 2024.