KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI

  • Efrina Efrina Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot menggunakan teknik mind mapping siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Bukittinggi. Penelitian ini dikategorikan pada jenis penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalahn metode deskriptif dengan populasi penelitian ini 134 orang, dan sampel 35 orang, pengambilan sampel dengan cara propotional sampling, data penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja. Analisis data dilakukan dengan cara: memeriksa hasil kerja siswa, memberi skor, mengubah skor jadi nilai, mengklasifikasikan keterampilan menulis teks anekdot menggunakan skala 10, mencari nilai rata-rata, menjelasakan dan menarik kesimpulan dari penjelasan tersebut. Dari hasil analisis data diketahui bahwa keterampilan menulis teks anekdot menggunakan teknik mind mapping siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Bukittinggi berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 81,14. Keterampilan menulis teks anekdot menggunakan teknik mind mapping pada aspek struktur berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata 92,86. Keterampilan menulis teks anekdot menggunakan teknik mind mapping pada aspek ciri kebahasaan berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 74.85.

Published
2019-06-18
How to Cite
EFRINA, Efrina. KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/101>. Date accessed: 19 may 2024.