PENGEMBANGAN LKS BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL DILENGKAPI DENGAN MIND MAP PADA MATERI PUISI UNTUK KELAS X SMA N 3 BUKITINGGI

  • Mitra Yulianti Mahasiswa STKIP Ahlussunnah
  • Endang Wahyu Ningsih STKIP Ahlussunnah
  • Abdul Istiqlal STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013, berbeda dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013 lebih menuntut siswa untuk berfikir kritis, lebih mandiri dalam proses pembelajaran, dapat menyelesaikan masalah sendiri disaat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan LKS berbasis kontekstual, dengan tujuan bisa membantu siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode 4-D, yang terdiri dari define, design, develop dan dissiminate. Akan tetapi peneliti membatasi penelitian ini sampai tahap develop. karena mengingat keterbatasan tenaga, waktu, dan biaya yang dihadapi. Setelah dilakukan penelitian di SMA N 3 Bukittinggi, maka hasil dari penelitian ini adalah LKS Bahasa Indonesia yang di hasilkan telah valid dengan persentase 91,9 % yang telah dilakukan oleh tiga orang validator. Hasil praktikalitas yang telah di lakukan oleh siswa sangat praktis, dengan persentase 90,5 %. Dengan demikian uji LKS yang telah dikembangkan dapat dikatakan sangat valid, dan sangat praktis, berdasarkan uji validitas dan uji praktikalitas.

Published
2019-06-18
How to Cite
YULIANTI, Mitra; NINGSIH, Endang Wahyu; ISTIQLAL, Abdul. PENGEMBANGAN LKS BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL DILENGKAPI DENGAN MIND MAP PADA MATERI PUISI UNTUK KELAS X SMA N 3 BUKITINGGI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/103>. Date accessed: 19 may 2024.