IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITEDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULISTEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII 1SMP NEGERI 2 LUBUK SIKAPING

  • Zul Aprianto Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model think-talk-writeterhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Lubuk Sikaping. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian metode deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Lubuk Sikaping. Sampel penelitian ini sebanyak 21 siswa yaitu kelas VIII 1. Instrumen penelitian ini adalah instrument tes uraian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu (1), identifikasi data, (2), penyajiandata, dan (3), penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil pengolahan data, setelah diterapkan model think-talk-writeterdapat peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model think-talk-writesiswa kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Lubuk Sikaping secara umum menjadi 3 kelompok, yaitu, sangat baik, baik, dan cukup. Klasifikasi sangat baik diperoleh 7 orang siswa. Klasifikasi baik diperoleh 11 orang siswa. Klasifikasi cukup diperoleh 3 orang siswa

Published
2019-06-20
How to Cite
APRIANTO, Zul. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITEDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULISTEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII 1SMP NEGERI 2 LUBUK SIKAPING. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/104>. Date accessed: 19 may 2024.