KOMPOSISI IKAN DI BATANG KAPUR KENAGARIAN MUARO PAITI KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Elsi Melati Putri Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Batang Kapur merupakan salah satu sungai yang terdapat di Kenagarian Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Akibat meluapnya air Batang Kapur pada tanggal 03 Januari 2019 menyebabkan perubahan pada bantaran sungai seperti pelebaran badan sungai, pendangkalan sungai, dan rusaknya vegetasi di tepi sungai. Perubahan yang terjadi di bantaran sungai telah mengakibatkan ekosistem sungai rusak dan juga habitat biota yang ada di sungai juga terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi ikan dan kondisi lingkungan di Batang Kapur Kenagarian Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2019 menggunakan metode survey. Penentuan lokasi pengambilan sampel secara purposive sampling dengan menetapkan tiga stasiun berdasarkan pada pertimbangan topografi kondisi lingkungan dan berdasarkan keinginan peneliti. Pengambilan sampel ikan ketiga stasiun menggunakan alat tangkap jala dan bubu. Pada penelitian ini diperoleh 38 jumlah individu sampel ikan yang tergolong ke dalam 3 ordo, 3 famili, dan 6 spesies. Kepadatan tertinggi terdapat pada spesies Puntius brevis yaitu 9 individu sedangkan frekuensi semua spesies sama yaitu 0,5. Indeks diversitas yang paling tinggi terdapat pada stasiun I yaitu 1,4647 dan indeks similaritas ikan antar stasiun sama yaitu 33,33%. Hasil pengukuran factor lingkungan yang diukur masih mampu mendukung kehidupan ikan yang ada di Batang Kapur.

Published
2019-06-11
How to Cite
PUTRI, Elsi Melati. KOMPOSISI IKAN DI BATANG KAPUR KENAGARIAN MUARO PAITI KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/109>. Date accessed: 19 may 2024.