STRATEGI BUDIDAYA PEPAYA MADU DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEADAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI NAGARI ANAM KOTO UTARA KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • Husnatul Huri Yati Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang: (1) Kondisi budidaya pepaya madu di Nagari Anam Koto Utara Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat (2) Strategi budidaya pepaya madu di Nagari Anam Koto Utara Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat (3) Dampak perkebunan pepaya madu dan dampaknya terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Nagari Anam Koto Utara Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat.Jenis penelitian yang digunakan adalah Sampling snowball.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.Hasil penelitian meliputi:1. Pemilihan bibit unggul, pemupukan rutin, dan perawatan untuk kualitas pepaya yang bagus. 2. Menggunakan strategi lambau, lambau adalah sistem yang digunakan oleh petani yang bertujuan untuk membuat batang pepaya supaya besar dan tidak mudah patah oleh hembusan angin yang kenjang. 3. Dampak sosial ekonomi sudah cukup bagus ini dapat dilihat dari tingkat pendidikan yang tinggi, interaksi sosial, budaya dan perekonomian masyarakatnya yang terus berkembang.

Published
2019-06-13
How to Cite
YATI, Husnatul Huri. STRATEGI BUDIDAYA PEPAYA MADU DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEADAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI NAGARI ANAM KOTO UTARA KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/113>. Date accessed: 19 may 2024.