PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BILANGAN UNTUK SISWA KELAS VII MTsS AL-MAKMUR TUNGKAR

  • Dwi Kurniasih Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Matematika berbasis Discovery Learning yang valid dan praktis pada materi bilangan kelas VII MTsS Al-Makmur Tungkar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D models yang dimodifikasi. Model ini terdiri dai 4 tahap yakni define, design, develop dan dissiminate. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis kurikulum, analisis materi terkait permasalahan dalam pembelajaran matematika. Pada tahap design dilakukan perancangan dan penyusunan materi bilangan pada LKS berdasarkan analisis kebutuhan. Kemudian dilakukan evaluasi sendiri yang dilanjutkan dengan validasi oleh para ahli, selanjutnya dilakukan evaluasi one to one terhadap 3 orang siswa dan evaluasi Small Group terhadap 8 orang siswa untuk diuji praktikalitasnya. Dapat disimpulkan bahwa LKS matematika berbasis Discovery Learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis.

Published
2019-12-23
How to Cite
KURNIASIH, Dwi. PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BILANGAN UNTUK SISWA KELAS VII MTsS AL-MAKMUR TUNGKAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 2, dec. 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/122>. Date accessed: 26 apr. 2024.