PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK OLEH PEMERINTAH NAGARI SUAYAN KECAMATAN AKABILURU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangpuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintah Nagari Suayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan publik oleh pemerintah Nagari Suayan, mengidentifikasi apa saja kendala yang dihadapi oleh pemerintah Nagari Suayan dalam pelaksanaan pelayanan publik, serta mendeskripsikan bagaimana upaya yang dilakukan oleh pemerintah Nagari Suayan dalam mencegah kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan publik. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian tempatnya di Kantor Wali Nagari Suayan. Informan penelitian ini ditentukan secara teknik Purposive Sampling dengan 12 informan. Jenis data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Pelaksanaan pelayanan publik oleh pemerintah Nagari Suayan menurut belum terlaksana sepenuhnya. 2. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan publik oleh pemerintah Nagari Suayan terdiri dari : 1) Kurangnya Kedisiplinan Aparatur Pemerintah 2) Masyarakat Masih Membayar Administrasi 3) Rendahnya Kualitas Sumber Daya Aparatur 4) Sarana dan Prasarana yang kurang memadai 5) Tidak Tersedianya Kotak Saran. 3. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yag dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan publik oleh pemerintah Nagari Suayan yaitu : 1) Meningkatkan kedisiplinan aparatur pemerintah 2) Memperjelas Biaya Administrasi 3) Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur 4) Meningkatkan Sarana dan Prasarana 5) Menyediakan Kotak Saran.