PERANAN MAMAK KEPALA KAUM DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK KEMENAKAN DI JORONG BARUAH ANDALEH KABUPATEN 50 KOTA

  • Silvi Yusi Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mamak yang belum menerapkan pembinaan akhlak mulia terhadap anak kemenakannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar pembinaan akhlak anak kemenakan terhadap mamak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Informan penelitian adalah tokoh-tokoh seperti tokoh pemerintahan, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh adat, tokoh pemuda, dan Bundo Kandung.
Berdasarkan hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa :Pertama peran mamak dalam pembinaan akhlak anak kemenakan sudah terlaksana namun masih ada yang belum berjalan sesuai dengan semestinya. Peran mamak tersebut terbagi atas beberapa macam yaitu pembinaan dan pendidikan akhlak anak kemenakan, dalam bidang harta, dan dalam perkawinan anak kemenakan. Kedua, Faktor yang mempengaruhi peran mamak di Jorong Baruah Andaleh, Kabupaten 50 Kota adalah perkembangan zaman, kurangnya nilai-nilai agama, kurangnya komunikasi, kurangnya pengetahuan tentang adat. Ketiga, solusi untuk peran mamak terhadap akhlak anak kemenakan di Jorong Baruah Andaleh adalah menerapkan nilai-nilai agama, bersosialisasi tentang peran mamak terhadap anak kemenakan, menerapkan pendidikan yang layak terhadap anak kemenakan.

Published
2019-06-29
How to Cite
YUSI, Silvi. PERANAN MAMAK KEPALA KAUM DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK KEMENAKAN DI JORONG BARUAH ANDALEH KABUPATEN 50 KOTA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/133>. Date accessed: 19 may 2024.