DAMPAK PEMBELAJARAN PKn DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SISWA DALAM MENERAPKAN PERATURAN SMP N 6 BUKITTINGGI

  • Mela Silvia Mahasiswa STKIP Ahlussunnah
  • Khairul Anwar Dosen Stkip Ahlussunnah
  • Nila Sari Dosen Stkip Ahlussunnah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang tidak mematuhi peraturan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran PKn dalam menumbuhkan kesadaran siswa terhadap penerapan peraturan sekolah, untuk mengetahui apa kendala yang dialami guru di sekolah dalam membentuk kesadaran siswa terhadap penerapan peraturan sekolah.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan dilakukan dengan purpose sampling, yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepada Guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang validasi dengan menggunakan ketekunan dan teknik triangulasi data, lalu di analasis dengan menggunakan teknik analisis interaktif.
hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dampak pembelajaran PKn dalam menumbuhkan kesadaran siswa dalam menerapkan peraturan sekolah di SMP N 6 Bukittinggi adalah siswa bisa menumbuhkan kesadarannya dalam menerapkan peraturan sekolah dalam pembelajaran PKn seperti kedisiplinan dan bertingkahlaku yang baik. (2) kendala dalam menumbuhkan kesadaran siswa dalam menerapkan peraturan sekolah di SMP N 6 Bukittinggi, pertama faktor internal dari dalam diri siswa seperti minat dan kesadaran siswa kedua faktor eksternal pengaruh dari masyarakat keluarga dan teman sebaya (3) solusi agar siswa bisa dalam menerapkan peraturan sekolah yaitu dengan cara adanya pendekatan antara guru dengan siswa, dan selalu menanamkan sikap kedisiplinan terhadap siswa.

Published
2020-12-29
How to Cite
SILVIA, Mela; ANWAR, Khairul; SARI, Nila. DAMPAK PEMBELAJARAN PKn DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SISWA DALAM MENERAPKAN PERATURAN SMP N 6 BUKITTINGGI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 2, dec. 2020. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/137>. Date accessed: 16 jan. 2025.