PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA DENGAN METODE COMPLETE SENTENCE PADA MATERI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TILATANG KAMANG

  • Monika Lourenscy Mahasiswa STKIP Ahlussunnah
  • Delfianto Delfianto STKIP Ahlussunnah
  • Olyvia Mustyka STKIP Ahlussunnah

Abstract

Pengajaran Bahasa Indonesia memerlukan perencanaan, perancangan, dan pelaksanaan
yang ditata dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013 maka dari itu guru diharapkan
mampu menghasilkan bahan ajar yang dapat menarik minat siswa untuk belajar lebih aktif,
kreatif dan inovatif. Modul yang dihasilkan menggunakan metode pengembangan 4-D yang
terdiri dari define, design, and develop. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan
mendapatkan rata-rata kevalidan Modul dari 3 orang validator yaitu 88% dengan kriteria
sangat valid, dan hasil uji praktikalitas yang dilakukan oleh 73 siswa adalah 90,5% dengan
kriteria sangat praktis.

Published
2020-06-29
How to Cite
LOURENSCY, Monika; DELFIANTO, Delfianto; MUSTYKA, Olyvia. PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA DENGAN METODE COMPLETE SENTENCE PADA MATERI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TILATANG KAMANG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, june 2020. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/87>. Date accessed: 27 apr. 2024.