PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIC TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP N 3 SUNGAI PUA

  • Afriza Afriza Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu kemampuan dalam memahami dan menuangkan ide-ide gagasan dengan baik .Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP N 3 Sungai Pua. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 SungaiPua yang terdiri dari 3 kelas.Teknik pengambilan sampel digunakan adalah sampel bertujuan mengambil sampel sesuai dengan masalah yang diteliti, yang menjadi sampel dalam penelitian 20% dari jumlah anggota populasi. Dari hasil analisis data terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP N 3 Sungai Pua, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII tergolong sempurna dan mulai ada peningkatan, siswa mulai bisa menulis puisi berdasarkan unsur-unsur puisi. dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan menulispuisi siswa kelas VIII SMP N 3 Sungai Pua sudah ada peningkatan, sebagian siswa mampu menulis puisi berdasarkan unsur-unsur.

Published
2019-06-15
How to Cite
AFRIZA, Afriza. PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIC TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP N 3 SUNGAI PUA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/98>. Date accessed: 19 may 2024.