PENGARUH TEKNIK BRAINSTROOM SHEET TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 BUKITTINGGI

  • Ardika Ardika Mahasiswa STKIP Ahlussunnah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh teknik brainstorm sheet terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dengan menggunakan metode deskripsi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah (purposive sumpling), kelas yang diambil adalah kelas VII.1 dan VII.2 yang berjumlah 60 orang. Hasil penelitian data terhadap keterampilan menulis teks fabel dengan menggunakan teknik brainstroom sheet siswa kelas VII.1 SMP Negeri 7 Bukittinggi, dapat disimpulkan bahwa keterampulan menulis teks fabel untuk indikator orientasi tergolong sempurna dengan rata-rata 94,6. Pada indikator komplikasi tergolong lebih dari cukup dengan rata-rata 71,1. Pada indikator resolusi tergolong baik dengan rata-rata 82,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks fabel dengan teknik brainstroom sheet siswa kelas VII SMP Negeri 7 Bukittinggi tergolong baik dengan rata-rata 82,2.

Published
2019-06-17
How to Cite
ARDIKA, Ardika. PENGARUH TEKNIK BRAINSTROOM SHEET TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 BUKITTINGGI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2019. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/99>. Date accessed: 19 may 2024.