ACADEMIC WRITING SKILLS OF S-1 STUDENTS IN SHARIA ECONOMIC STUDY PROGRAM IAIN PONTIANAK ACADEMIC YEAR 2020/2021

KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK MAHASISWA S-1 PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH IAIN PONTIANAK TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Fitri Jayanti Iain Pontianak
  • Maulida Mustado Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Vina Jayanti Poltekkes Kemenkes Tanjung pinang

Abstract

Tujuan dari penelitian  ini adalah : (a)  untuk memberi gambaran atau mendeskripsikan penguasaan keterampiaan menulis akademik mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah di IAIN Pontianak; (b) untuk dapat menemukan dan melihat kendala kegiatan menulis akademik mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah; dan (c)  untuk memberikan masukan serta saran bagaimana cara untuk mengatasi hambatan kegiatan menulis akademik mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah. Metode yang di gunakan dalam penelitian  ini adalah metode kualitatif. Dimana  Objek penelitian  adalah 30 orang mahasiswa Ekonomi Syariah  semester I. Teknik pengumpulan data  dalam penelitian  ini dengan cara  tes menulis dan wawancara. Dan teknik analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskripsi yaitu melakukan penilaian terhadap hasil tes menulis mahasiswa berdasarkan pada  rubrik penilaian yang telah disiapkan sebelumnya, kemudianhasil dari  penilaian dikelompokan pada acuan penilaian, dan dijabarkan sesuai masing-masing komponen penilaian. Dari Hasil penelitian  yang telah di lakukan menunjukkan 9 orang mahasiswa mempunyai kemampuan menulis artikel ilmiah pada kategori baik  atau setara dengan 30%,  4 orang pada kategori cukup atau sekitar 13%, 10 orang pada kategori kurang atau sekitar 33%, dan 7 orang yang lain pada kategori kurang sekali atau sekitar  24%.

References

Akhadiah, S. (2018). Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga.
Andika, M. (2019). Mobile Learning SebagaioMedia Pembelajaran Bahasa Inggris. Pendidikan, 553.
Dalman. 2013. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Ebo, A. K. (2005). Menulis Nggak Perlu Bakat. Jakarta: MU:3 Book.
Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang dari Persiapan Hingga Presentasi, dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra. Bandung: Nuansa Cendekia
Kanegi, Br Ginting, M. (2012). Efektivitas Model Mind Map dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Rakyat SEI Gelugur Tahun Pembelajaran 2012/2013. Basastra, V.2 No.4. Retrieved from jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/823%0A
Karim, M. F., & Mursitama, T. N. (2015). Menulis Akademik. Depok: Linea Pustaka.
Nurgiyantoro, B. 2015. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. (2018).Metode PenelitianoKuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. (2015). Kemampuan Menulis Ilmiah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri Kota Bengkulu Tahun 2015. Bengkulu: FKIP Unib.
Tarigan, H. G. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Yulistio, D. (2012). Keterampilan Siswa Menulis Teks di SMP Negeri Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Bengkulu: FKIP
Published
2022-03-25
How to Cite
JAYANTI, Fitri; MUSTADO, Maulida; JAYANTI, Vina. ACADEMIC WRITING SKILLS OF S-1 STUDENTS IN SHARIA ECONOMIC STUDY PROGRAM IAIN PONTIANAK ACADEMIC YEAR 2020/2021. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 9 - 17, mar. 2022. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/198>. Date accessed: 28 may 2022.