PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

  • Yulius Yulius Guru SD 205/IX Sengeti Kabupaten Muaro Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan lembar kerja berbasis problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VI SDN 205/IX Sengeti Kabupaten Muaro Jambi.


Dalam penelitian ini jenisnya adalah penelitian eksperimen berupa semu. Yang akan digunakan dalam penelitian ini desainnya adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini lokasinya adalah SDN 205/IX Sengeti Kabupaten Muaro Jambi. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.


Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, karena seluruh pupolasi dijadikan sampel. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VI A dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B dengan jumlah 2 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengambilan data adalah soal pretest-posttest. Analisis data yang di gunakan dengan teknik menggunakan rumus t-test.


Penelitian ini hasilnya menunjukkan pengaruh yang signifikan pada nilai tes kemampuan memecahkan masalah siswa dengan menggunakan lembar kerja berbasis problem based learning, dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran secara konvensional. Rata-rata hasil nilai post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil nilai post-test kelas kontrol. Hasil thitung yang didapatkan diketahui lebih tinggi dibandingkan ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Published
2020-09-21
How to Cite
YULIUS, Yulius. PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 155 - 166, sep. 2020. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/23>. Date accessed: 29 mar. 2024.