IMPROVING THE UNDERSTANDING OF MATHEMATICS CONCEPTS OF EIGHT GRADE STUDENTS OF ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL 5 PADANG THROUGH THE IMPLEMENTATION THINK PAIR SHARE (TPS) COOPERATIVE LEARNING MODEL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Paire Share pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Paire Share. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 MTsN 5 Padang dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis materi SPLDV. Instrument dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep materi SPLDV. Data hasil tes kemampuan pemahaman konsep dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui klasifikasi ketuntasan klasikal pada setiap siklus. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan nilai KKM 76 dan ketuntasan klasikal memenuhi 75%. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil penelitian yaitu terdapatnya kenaikan ketuntasan klasikal dari pra siklus, Siklus I dan Siklus II untuk bobot dengan nilai Baik berturut – turut 12%, 56,25% menjadi 78%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas VIII.3 MTsN 5 Padang pada materi SPLDV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Paire Share.
References
Gee, E., & Harefa, D. (2021). Analysis of Students’ Mathematic Analysis of Students’ Connection Ability and Understanding of Mathematical Concepts. Musamus Journal of Primary Education, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.35724/musjpe.v4i1.3475
Lestari, I., & Luritawaty, I. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Think Pair Share dan Problem Based Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 353–362. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.907
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 68–84. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2286-2297. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1476
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Zubaidah, & Rian. (2021). Problematika PM di SMKFDS Rian. el-ibitadiy: Journal of Primary Education, 4 (1). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elibtidaiy/article/view/11655