INTEGRATION OF USING PQRST LEARNING METHOD PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST) ON SHORT STORY READING ABILITY
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran membaca cerpen di sekolah. Pertama, banyak siswa kurang mampu menemukan gagasan pokok dan detail penting dalam cerpen sehingga pemahaman mereka terhadap isi teks masih rendah. Kedua, siswa cenderung hanya membaca sekilas tanpa strategi membaca yang terarah, sehingga makna yang diperoleh tidak mendalam. Ketiga, dalam proses pembelajaran, guru belum secara optimal menggunakan metode membaca yang sistematis untuk membantu siswa memahami teks secara bertahap. Kondisi ini menyebabkan keterampilan membaca cerpen siswa belum berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan efektivitas penggunaan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) terhadap keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI SMA Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one grup pretest-postterst design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Padang yang berjumlah 27 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) pada siswa kelas XI SMA Padang.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan membaca cerpen sesudah menggunakan metode PQRST siswa kelas XI Padang memperoleh nilai rata-rata 86,00 dengan klasifikasi 86-95% yaitu baik sekali (BS). Dengan kata lain, integrasi penggunaan metode PQRST terhadap keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI SMA Padang cukup bagus dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakteristik. Rafika Aditama.
Agustina. (2008). Pembelajaran Keterampilan Membaca. UNP.
Alan. (2019). Kemampuan Memahami Struktur Isi Teks Cerpen Siswa IX SMP N 1 Wowotobi. Jurnal Akrab Juara, 4(2), 26–42. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/585
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidkan. PT Bumi Aksara.
Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dibia, K. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. PT Raja Grafido Persada.
Jayantini, I. G. A. A. (2013). Strategi Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Denpasar: Universitas Udayana Press.
Kosasih, E. (2013). Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Erlangga.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK: Analisis, Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkahlangkah Penulisannya. Yharma Widya.
Mihardja, R. (2012). Sastra Indonesia. Laskar Aksara.
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. PT Bumi Aksara.
Rahayu, N., & Dewi, T. A. (2017). Pengaruh penggunaan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Punggur. Jurnal
Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(2), 109–117. https://www.fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/ekonomi/article/view/122 0
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundari, S. (2008). Strategi Belajar Membaca untuk Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(3), 560–567.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wijaya, I. M. A. P., Wirya, N., & Suwarta, I. I. W. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–10.