PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

  • Azizatul Banat Universitas Dehasen Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan sumber belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa. Sumber belajar yang digunakan pada kelas eksperimen adalah modul, pada kelas kontrol adalah non modul (buku teks). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 70 orang mahasiswa dari 102 orang populasi penelitian mahasiswa S1 Penjaskesrek FKIP Unived Bengkulu. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varians (anava dua jalur) pada taraf signifikansi α:0,05.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar modul lebih tinggi daripada prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar non modul (buku teks), (2) ada pengaruh interaksi antara penggunaan sumber belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, (3) prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa bermotivasi tinggi yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar modul lebih tinggi dari pada prestasi belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar non modul (buku teks), (4) prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa bermotivasi rendah yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar modul lebih tinggi dari pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar non modul (buku teks).

References

Alwi, Hasan. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ahmadi dan Widodo. 2004. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Elec Media Komputindo.
Anderson, Ronald H. 2006. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta.
Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.
Hamalik, Oemar. 2005. Prose Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kerlinger, F.N. & Pedhazur, E.J. 1973. Multiple Regression Behavioral Research. Holt Rinehart and Winston, Inc. New York.
Kleinbaum, D.G. & Kupper, L.L. 1978. Applied Regression Analysis and Other Multivariable Methods. Duxburry Press. Machasusset.
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Minium, E.W. 1978. Statistical Reasoning in Psychology and Education. John Wiley & Sons. New York.
Sadiman, Arief S. dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom DIkbud dan PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryaningsih, Nunik Setiyo. 2010. Pengembangan media cetak modul sebagai media pembelajaran mandiri pada mata pelajaran teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII semester 1 di SMPN 4 Jombang. Surabaya: Skripsi yang tidak dipublikasikan.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.. Bandung: Angkasa.
Wijaya, Cece. 2007. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wijaya, Cece & Rusyan, A.Tabrani. 1994. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Published
2019-03-28
How to Cite
BANAT, Azizatul. PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1 - 13, mar. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/61>. Date accessed: 21 june 2024.