Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

  • Mirda Swetherly Nurva STKIP Ahlussunnah
  • Tiara Fikriani STKIP Ahlussunnah

Abstract

Guru adalah ujung tombak dalam pembelajaran yang dapat membangkitkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Bagaimana seorang guru dapat melakukan hal tersebut dengan mengembangkan materi yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam belajar matematika. Materi pembelajaran yang dirancang oleh guru disesuaikan dengan karakteristik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan penyelidikan yang valid, praktis, dan efektif.  Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan mengacu pada model Plomp yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Pada tahap pengembangan atau Prototyping perangkat pembelajaran berbasis inquiry dilakukan evaluasi sendiri terlebih dahulu hingga kemudian lebih lanjut divalidasi oleh para ahli. Tahap penilaian tes dilakukan dengan uji praktikalitas dan efektifitas. Kepraktisan data diambil dari lembaran keterlaksanaan RPP, yang terdiri dari angket respon siswa dan angket respon guru. Efektivitas data diambil dari hasil tes akhir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Matematika yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, media dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung : Penerbit Yrama Widya.

Depdiknas. 2006. Peraturan Mentri pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sanjaya, Wina. 2014. Media komunikasi pembelajaran. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Published
2019-03-28
How to Cite
NURVA, Mirda Swetherly; FIKRIANI, Tiara. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 71 - 79, mar. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/69>. Date accessed: 29 mar. 2024.