UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN PEDOSFER KELAS X2 SMA NEGERI 2 KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

  • Widya Oktavia STKIP Ahlussunnah

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa pada materi dinamika litosfer dan pedosfer dengan menggunakan metode JIGSAW  dikelas X IPS SMA Negeri 2 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas  X IPS 2 SMA Negeri 2 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota  dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model JIGSAW dapat meningkatkan pemahaman konsep geografi  siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Peningkatan pemahaman siswa dari rata-rata pemahaman awal sebelum tindakan sebesar 73,35, meningkat sebanyak 4,79%, sehingga rata-ratanya menjadi 77,04 pada siklus I. Dari siklus I ke siklus II rata-rata pemahaman konsep meningkat sebanyak 6,75%, sehingga rata-ratanya menjadi 82,62. Dengan demikian pembelajaran model JIGSAW pada materi dinamika litosfer dan pedosfer dapat diterapkan dikelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota

References

Arikunto, Suharismi. Dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta : Bumi Aksara.

Firdausy, Vionita. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata pelajaran Geografi Dikelas X Sosial 2 SMAN 5 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.


Hananingsih et all, 2017. “Pemahaman Konsep Geografi Pada Materi Dinamika Hidrosfer Kelas X3 SMA Negeri 1 Kademangan Kabupaten Blitar”. Jurnal Pendidikan Geografi : 62-67.

Purwanto, Edy. 2013. Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung : ALFABETA.

Shohimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: ADITYA MEDIA PUBLISHING..

Tampubolon, Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Keilmuan.Jakarta: Erlangga.
Published
2019-03-28
How to Cite
OKTAVIA, Widya. UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN PEDOSFER KELAS X2 SMA NEGERI 2 KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 98 - 109, mar. 2019. ISSN 2620-8458. Available at: <https://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/73>. Date accessed: 28 mar. 2024.